Review: Sebelum Iblis Menjemput (Ayat 2) (2020)



Info Film

Genre: Horor
Durasi: 110 Menit
Sensor Usia: 17 Tahun Ke Atas
Produser: Wicky V Olindo, Timo Tjahjanto
Sutradara: Timo Tjahjanto
Pemeran: Chelsea Islan, Hadijah Shahab
Tanggal Edar: Kamis, 27 Februari 2020
Warna: Warna



Trailer




Sinopsis

Film "Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2" mengisahkan tentang kehidupan Alfie (diperankan oleh Chelsea Islan) dan Nara (diperankan oleh Hadijah Shahab) usai lepas dari teror iblis yang terjadi dua tahun lalu. Kini, mereka kembali melanjutkan kehidupan mereka seperti sedia kala. Sayangnya, Alfie masih terus dihantui perasaan bersalah dan penglihatan yang tak wajar. Dirinya terus bermimpi buruk.

Hingga suatu hari, mimpi buruknya itu pun menjadi kenyataan dan bahaya yang mengancam tengah menunggu mereka. Bahaya ini muncul saat sosok kegelapan yang begitu haus akan jiwa bangkit kembali. Sosok kegelapan ini pun siap untuk menjemput nyawa mereka.



Kelebihan

Film "Sebelum Iblis Menjemput: Ayat 2" menyajikan tampilan yang berbeda, dibandingkan dengan film horor Indonesia lainnya. Jika film horor lainnya menggunakan efek jump scare yang dominan, film ini justru menyajikan pendekatan demonologi.

Selain itu, film ini juga menampilkan adegan dengan tingkat kengerian yang cukup ekstrim. Tapi, anda tak perlu khawatir saat menontonnya sebab film ini pun menyajikan beberapa komedi dengan humor-humor tak terduga. Sehingga anda bisa sedikit menghela napas dan tidak merasa bosan.

Dari segi penataan latar, tata rias, dan busana, film ini patut diacungi jempol. Apalagi tim efek visual dan tata riasnya, yang mampu menampilkan karakter dan gerak-gerik iblis yang mengerikan.

Dilihat dari segi sinematografinya, film ini juga sangat bagus. Dimana, permainan shot-shot gambar di dalam rumah terasa sangat claustrophobic. Lalu, saat sang iblis meneror, penggunaan sudut-sudut rumah seperti lewat langit-langit dan merayap di lantai semakin menyajikan nuansa mencekam dengan baik.

Tampilan setiap adegan dalam film ini cukup baik, didukung pula dengan akting pemain cukup bagus. Dimana, mereka mampu membawakan karakter penokohan masing-masing. Utamanya, Chelsea Islan yang mampu membawakan karakter Alfie dengan baik. Dimana, karakter Alfie terbilang sosok yang nekat dan berani dalam melawan iblis.



Kelemahan

Hal yang cukup disayangkan dari film ini adalah cerita yang disajikan. Premis yang disajikan dalam film ini terlalu sederhana. Ditambah lagi, dalam film ini pendekatan demonologi menjadi hal yang paling dominan dibandingkan sisi ceritanya.



Rating

Cerita: 7,5 | Penokohan: 8,5 | Visual: 8 | Sound Effect: 8 | Penyutradaraan: 8 | Nilai Akhir: 8/10



Rekomendasi

Film ini sangat pas ditonton, apalagi bagi kalian yang menyukai film bertema horor. Adegan yang disajikan pun cukup menegangkan dan ngeri, cukup untuk membuat kita merasa ketakutan. Uniknya, film ini tidak mengandalkan jump scare seperti film horor lain. Justru, film ini ditampilkan dengan pendekatan demonologi.

Kengerian dalam film ini terasa sangat nyata, didukung pula dengan tata visual dan rias yang bagus. Ditambah lagi, akting para pemain sangat bagus karena mampu membawakan karakter penokohan dengan baik. Dijamin saat anda menonton film ini, pasti seru dan menegangkan.


EmoticonEmoticon