Review: Alpha (2018)


Info Film

Genre : Petualangan, Drama, Aksi, Thriller
Durasi : 96 Menit
Sensor Usia : 13 Tahun Ke Atas
Produser : Albert Hughes, Andrew Rona
Sutradara : Albert Hughes
Penulis : Daniele Sebastian Wiedenhaupt
Pemeran : Kodi Smit-McPhee, Leonor Varela, Natassia Malthe, Johannes Haukur Johannesson, Jens Hulten, Marcin Kowalczyk, Priya Rajaratnam, Spencer Bogaert, Natasha Wilson, Mercedes de la Zerda
Tanggal Edar : Jumat, 21 September 2018
Warna : Warna



Trailer




Sinopsis

Film "Alpha" mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Keda (diperankan oleh Kodi Smit-McPhee) yang hidup pada zaman pra-sejarah (seringkali disebut zaman es terakhir) sekitar 20.000 tahun silam. Pada zaman itu, setiap orang berkumpul untuk membentuk suku, guna selamat dari ganas dan liarnya alam. Malangnya, Keda justru harus terpisah dari sukunya karena dia dikira mati. Akibatnya, sukunya tersebut meninggalkan dirinya sendirian.

Walaupun Keda ditinggalkan oleh sukunya, tapi dia tidak berputus asa. Di tengah cuaca ekstrim pada saat itu, Keda tetap berjuang mati-matian untuk menemukan jalan pulang kembali ke sukunya setelah dia gagal dalam ekspedisi berburu.

Dalam perjalanannya mencari jalan pulang, Keda tidak sendirian. Dia ditemani oleh seekor serigala yang juga ditinggalkan oleh gerombolannya karena terluka oleh Keda. Keda dan serigala itu harus bisa menghadapi keganasan alam dan bahaya yang datang silih berganti. Sebab mereka berdua harus bisa sampai kembali ke rumah sebelum musim dingin tiba.



Kelebihan

Film "Alpha" ini menampilkan kisah tentang persahabatan manusia dengan hewan yang menegangkan dan begitu menyentuh. Walaupun kisah tentang persahabatan manusia dengan hewan ini banyak diadopsi oleh film lain, namun film ini mampu menyajikan aksi petualangan manusia dengan hewan yang begitu ciamik. Walaupun jalan cerita yang disajikan cukup sederhana, namun hal inilah yang membuat film ini asyik untuk ditonton. Selain itu, jalan cerita film ini pun mudah dipahami oleh para penonton.

Hal yang unik dari film ini adalah latar waktu yang diambil. Dimana, film ini menampilkan kisah yang terjadi ketika zaman pra-sejarah saat zaman es terakhir. Walaupun mengambil latar waktu zaman pra-sejarah, namun sinematografi yang ditampilkan dalam film ini begitu mengagumkan. Dimana, beragam pemandangan di zaman pra-sejarah akan tersaji di depan mata anda. Tidak hanya itu, film ini juga dibalut dengan efek digital CGI yang cukup bagus.

Bahasa yang digunakan dalam film ini, terbilang otentik. Karena, film Alpha ini menggunakan bahasa Cro-Magnon bukan bahasa Inggris seperti layaknya yang banyak film lakukan. Keontentikan bahasa ini juga membuat suasana zaman pra-sejarah dalam film ini tergambar dengan jelas.

Penampilan para pemeran ini pun cukup bagus. Dimana, mereka mampu membawakan karakter penokohan dalam film dengan baik, hingga mampu menyentuh hati para penonton.



Kelemahan

Walaupun dari segi kisah film ini cukup menyentuh, namun klimaks yang ditampilkan terbilang kurang mendalam. Dimana, klimaks yang muncul dalam film ini terasa berjalan begitu cepat hingga menuju ke konklusi. Tidak hanya itu, kisah tentang petualangan bertahan hidup dalam film ini terkesan seakan-akan mengulang adegan-adegan yang ada.



Rating

Cerita: 7,5 | Penokohan: 8,5 | Visual: 8,5 | Sound Effect: 8 | Penyutradaraan: 8,5 | Nilai Akhir: 8,2/10



Rekomendasi

Film "Alpha" ini layak untuk ditonton oleh semua kalangan karena kisah yang disajikan pun cukup menyentuh. Tidak hanya itu saja, film ini pun menyajikan kisah petualangan bertahan hidup yang cukup bagus. Walaupun jalan ceritanya cukup sederhana, namun hal inilah yang membuat film ini asyik untuk ditonton.

Latar yang diambil dalam film ini berada di zaman pra-sejarah. Sinematografi dan efek CGI yang disajikan dalam film ini cukup ciamik. Dimana, anda bisa melihat pemandangan layaknya zaman pra-sejarah sesungguhnya.

Film ini juga menyajikan pesan yang sangat penting yaitu betapa indahnya persahabatan antara manusia dan hewan. Kisah ini cukup menyentuh hati juga. Hal ini yang membuat film ini patut untuk ditonton oleh anda, apalagi  bagi anda pecinta hewan.


EmoticonEmoticon