Review: Terbang Menembus Langit (2018)



Info Film

Genre: Drama
Durasi: 111 Menit
Sensor Usia: 13 Tahun Ke Atas
Produser: Susanti Dewi
Sutradara: Fajar Nugros
Penulis: Fajar Nugros
Pemeran: Dion Wiyoko, Laura Basuki
Tanggal Edar: Kamis, 19 April 2018
Warna: Warna



Trailer




Sinopsis

Film "Terbang Menembus Langit" mengisahkan tentang kehidupan seorang pemuda bernama Onggy (diperankan oleh Dion Wiyoko). Onggy terlahir di keluarga sederhana di Tarakan. Karena kondisinya itu, dirinya pun terpaksa untuk berhenti mengejar mimpinya. Hingga akhirnya, ia keluar dari Kalimantan dan merantau ke Surabaya.

Di Surabaya, Onggy melanjutkan kuliahnya. Usai dirinya mendapatkan restu dari keluarganya. Berbekal nilai-nilai kehidupan yang diberikan oleh ayahnya (diperankan oleh Chew Kin Wah), ia menjalani perjuangan usahanya mulai dari berjualan apel, jagung bakar, dan kerupuk.

Lalu datanglah hari, dimana Candra (diperankan oleh Laura Basuki) masuk ke kehidupannya. Mereka secara tak sengaja bertemu di sebuah salon. Tak menunggu lama, Onggy pun segera menikahi Candra. Sembari, ia menjalani proses untuk meraih cita-citanya.



Kelebihan

Film "Terbang Menembus Langit" menyajikan kisah hidup pasangan, yang disampaikan dengan sederhana. Dimana, keluarga pasangan itu tidak luput dari masalah demi masalah. Sehingga penonton bisa memahami kisah dengan lebih mudah.

Alur kisah yang disajikan pun sangat rapi. Mulai dari kisah masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. Dengan balutan kisah drama, komedi, dan percintaan yang menarik.

Ditambah lagi akting para pemainnya, yang mampu menggambarkan masing-masing karakter penokohan. Utamanya peran yang ditampilkan oleh Dion Wiyoko dan Laura Basuki. Keduanya mampu memerankan bagaimana pasangan yang bisa menghadapi beragam masalah dengan tetap setia.

Hal unik lainnya, bisa dilihat dari segi sinematografinya. Sinematografi yang ditampilkan sangat menarik dan mampu menggambarkan nuansa tahun '80-an hingga 90'an dengan apik. Ditambah lagi dengan properti yang digunakan. Misalnya saja angkot, bangunan tua, hingga pakaian-pakaian yang digunakan oleh para pemerannya.



Kelemahan

Hal yang disayangkan dari film ini adalah konflik yang ditampilan kurang mendalam. Padahal, konflik cerita bisa dijelaskan lebih detail. Sehingga para penonton bisa lebih merasakan suasana konfliknya.



Rating

Cerita: 7,5 | Penokohan: 8 | Visual: 8,5 | Sound Effect: 7,5 | Penyutradaraan: 7,5 | Nilai Akhir: 7,8/10



Rekomendasi

Sebagai sebuah film drama, film ini sangat bisa dinikmati. Dengan kisah yang disajikan secara rapi dan mudah dipahami oleh para penonton. Ditambah lagi, pesan yang ingin disampaikan dalam film ini. Tentang pasangan yang tetap setia dan tegar menghadapi beragam kesulitan dan cobaan hidup.

Semua hal itu ditunjang pula dengan akting para pemainnya yang bagus. Dimana, mereka mampu mendalami karakter penokohan masing-masing. Dari segi latar dan sinematografi, film ini terbilang bagus. Ditunjang pula dengan properti yang sesuai, sehingga penonton bisa terbawa dalam nuansa tahun '80-an dan 90'an akhir.


EmoticonEmoticon