Review: Satu Suro (2019)


Info Film

Genre : Horor
Durasi : 94 Menit
Sensor Usia : 17 Tahun Ke Atas
Produser : Manoj Punjabi
Sutradara : Anggy Umbara
Penulis : Anggy Umbara, Syamsul Hadi
Pemeran : Citra Kirana, Nino Fernandez, Alexandra Gottardo
Tanggal Edar : Kamis, 7 Februari 2019
Warna : Warna



Trailer




Sinopsis

Film "Satu Suro" mengisahkan tentang kehidupan sepasang suami istri, Adinda (diperankan oleh Citra Kirana) dan Bayu (diperankan oleh Nino Fernandez). Adinda yang tengah hamil besar baru saja pindah ke sebuah rumah yang letaknya agak jauh dari kota, bersama dengan suaminya Bayu.

Namun, kejadian aneh terasa di rumah tersebut, Adinda sering diganggu oleh mahluk halus dan sering pula berhalusinasi. Suatu hari, Adinda merasakan kontraksi pertanda akan segera melahirkan ketika Bayu tengah menjalani pertemuan besar di kota. Mendengar kabar itu, Bayu pun segera menjemput Adinda dan mengantarnya ke rumah sakit terdekat, Rumah Sakit Asri.

Sesampainya di rumah sakit, sang dokter yang menangani istrinya itu mengatakan bahwa masih perlu waktu untuk kelahiran bayi mereka. Bayu pun memilih kembali ke rumah dan mengambil keperluan yang tertinggal.

Betapa terkejutnya Bayu saat kembali ke rumah sakit itu, dia menemukan pemandangan mengerikan. Saat kembali ke rumah sakit tempat istrinya bersalin itu, Bayu hanya menemukan sebuah bangunan tua kosong tak berpenghuni. Penduduk setempat mengakatan bahwa rumah sakit tersebut sudah tidak beroperasi semenjak 15 tahun lalu karena kebakaran.

Namun, Bayu ingat betul bahwa rumah sakit yang tak beroperasi itu adalah rumah sakit tempat istrinya bersalin. Tapi disana, Bayu hanya mendapati rumah sakit yang kosong dan tampak seluruh bangunan nya gosong seperti habis terbakar.

Saat masuk ke rumah sakit itu, Bayu mulai mendengar suara-suara aneh. Namun, dia harus tetap bertahan di sana, untuk mencari istrinya yang akan segera melahirkan.



Kelebihan

Film "Satu Suro" ini menyajikan opening yang cukup memukau. Dimana, opening film ini mampu memacu jantung anda. Hal ini didukung pula dengan twist dan jumpscare yang bagus.

Film ini memiliki penataan latar yang bagus. Walaupun latar dalam film ini terbatas di rumah sakit, tapi mampu dimaksimalkan dengan baik. Hal ini didukung pula dengan sinematografi dan efek musik yang cukup bagus. Jadi, anda bisa merasakan situasi dan suasana dalam film ini.

Akting para pemerannya pun cukup bagus. Dimana, mereka mampu membawakan karakter penokohan dengan baik.



Kelemahan

Hal yang disayangkan dalam film ini adalah tempo cerita yang seakan-akan melambat di pertengahan film. Tapi, penyelesaiannya justru berjalan dengan tempo yang cepat. Tempo lambat ini bisa anda lihat saat adegan dimana Bayu berkeliling menyusuri rumahnya, saat mendengar ada suara aneh di rumahnya.



Rating

Cerita: 6,5 | Penokohan: 7 | Visual: 7 | Sound Effect: 7 | Penyutradaraan: 7 | Nilai Akhir: 6,9/10



Rekomendasi

Film ini sangat layak ditonton, apalagi bagi para pecinta horor. Walaupun temponya agak lambat di pertengahan film, tapi jumpscare yang disajikan cukup mampu memaju jantung. Terlebih lagi opening film ini yang sangat memukau dan membuat penasaran para penonton.


EmoticonEmoticon