Review: PSP (Gaya Mahasiswa) (2019)


Info Film

Genre : Komedi
Durasi : 96 Menit
Sensor Usia : 13 Tahun Ke Atas
Produser : Ody Mulya Hidayat
Sutradara : Hilman Mutasi
Penulis : Hilman Mutasi, Yanto Prawoto, Baskoro Adi
Pemeran : Uus, Adjis Doaibu, David Schaap, Dimas Danang, Imam Darto, Abdur Arsyad, Boris Bokir, Wira Nagara, Aura Kasih
Tanggal Edar : Kamis, 31 Januari 2019
Warna : Warna



Trailer




Sinopsis

Film "PSP (Gaya Mahasiswa)" mengisahkan tentang sekelompok mahasiswa yang gokil dan jahil, yang terdiri dari Monos (diperankan oleh Imam Darto), Rojali (diperankan oleh Boris Bokir), Ade (diperankan oleh Abdur Arsyad), Andra (diperankan oleh David Schaap), Adit (diperankan oleh Wira Nagara), Dindin (diperankan oleh Uus), James (diperankan oleh Dimas Danang), dan Omen (diperankan oleh Adjis Doaibu). Walaupun begitu, mereka sangat menyukai musik hingga akhirnya menggabungkan diri dalam sebuah orkes melayu bernama OM Pancaran Sinar Petromaks (PSP).

Tak hanya dalam hal musik, mereka juga kompak dalam segala urusan kecuali dalam hal percintaan. Mereka bahkan menjadikan urusan percintaan ini sebagai taruhan, sebagaimana yang dilakukan Rojali, Monos dan Ade. Ade bahkan Ade sempat jatuh cinta pada Fatima (diperankan oleh Aura Kasih), yang merupakan ibu kos dengan perawakan cantik dan seksi.

Berbeda dengan ketiganya, Dindin, Andra, dan Adit adalah the trouble maker. Mereka senang sekali membuat pranks di kampus hingga akhirnya mendapatkan sanksi drop out.

Mereka dikejutkan dengan adanya kasus pembegalan di kampus. Kasus ini berkembang menjadi hoaks dan juga melibatkan teman kuliah mereka. Omen dan James tergerak untuk menyelidiki kasus ini dibantu dengan teman-teman PSP yang lain.



Kelebihan

Film "PSP (Gaya Mahasiswa)" ini menyajikan sesuatu yang terbilang unik. Dimana, anda akan disuguhkan beberapa lagu nostalgia dari PSP di tengah film ini. Walaupun menyajikan lagu lawas untuk bernostalgia, namun film ini bisa pula dinikmati oleh generasi milenial.

Keberhasilan adegan-adegan dan penempatan musik dalam film ini, tidak terlepas dari tata produksi dan tata suara yang apik. Ditambah lagi, para pemain mampu menyajikan komedi dan hiburan yang cukup memukau untuk menghibur para penonton.

Para pemain dalam film ini mampu menyajikan tingkah laku yang cukup lucu. Tak hanya itu, tingkah laku para pemain ini pun terbilang ajaib dan sulit untuk ditebak. Dijamin membuat para penonton penasaran dan tersenyum simpul oleh beberapa adegan di dalamnya.

Keberhasilan dalam setiap adegan dalam film ini, tidak terlepas dari penataan latar, pengambilan gambar, dan efek suara yang bagus. Alhasil, anda bisa menikmati setiap adegan di dalamnya.



Kelemahan

Film ini sebenarnya tersaji dalam tiga kisah, mulai dari tiga orang playboy dalam grup Ade, Rojali, dan Monos; tiga orang jahil Dindin, Adit, dan Andra; hingga tingkah laku Omen dan James. Ketiga kisah ini kemudian disatukan oleh sebuah konflik tentang misteri kasus penjambretan handphone anak pak satpam.

Akan tetapi, film ini tidak bisa menyajikan koherensi atau hubungan antar adegan yang menyatu. Walaupun ide pembagian kisah para karakter dalam tiga bagian ini, merupakan ide yang bagus. Namun, penyatuan kembali plotnya tidak koheren dan terasa tidak terstruktur dengan baik.

Hal lain yang sangat disayangkan dalam film ini adalah kurangnya penggalian konflik antar karakter yang mendalam. Hal ini terlihat pada karakter Fatima yang kurang dieksplorasi. Padahal, karakter ini memiliki potensi untuk memunculkan konflik tersendiri di internal PSP.



Rating

Cerita: 7,5 | Penokohan: 7,5 | Visual: 7,5 | Sound Effect: 8 | Penyutradaraan: 7,5 | Nilai Akhir: 7,6/10



Rekomendasi

Film "PSP (Gaya Mahasiswa)" layak untuk ditonton, apalagi bagi anda penggemar film ber-genre komedi. Anda pasti akan dibuat tersenyum dan tertawa dengan setiap tingkah laku para tokoh di dalamnya.

Walaupun dari segi cerita, film ini agak kurang sebab kurang menyatunya adegan-adegan di dalamnya saat penyatuan plot cerita. Tapi, lagu pengiring yang berasal dari PSP ini, mampu memberikan nuansa nostalgia tersendiri.


EmoticonEmoticon