Review: Papillon (2018)


Info Film

Genre : Kriminal, Drama, Misteri
Durasi : 133 Menit
Sensor Usia : 17 Tahun Ke Atas
Produser : Joey McFarland, David Koplan, Ram Bergman, Roger Corbi
Sutradara : Michael Noer
Penulis : Aaron Guzikowski
Pemeran : Charlie Hunnam, Rami Malek, Yorick van Wageningen, Eve Hewson
Tanggal Edar : Rabu, 26 September 2018
Warna : Warna



Trailer




Sinopsis

Film "Papillon" mengisahkan seorang pembobol brankas dari Prancis bernama Henri "Papillon" Charriere (diperankan oleh Charlie Hunnam) yang dijatuhi hukuman seumur hidup. Tidak hanya itu, Henri juga ditempatkan di sebuah penjara yang brutal pada tahun 1933. Penjara itu terletak di sebuah pulau daerah Guyana, Prancis, Amerika Selatan. Saking brutalnya, penjara ini juga dijuluki "Devil’s Island" atau Pulau Setan. Dia dihukum karena dakwaan kasus pembunuhan.

Henri harus menghabiskan sisa-sisa hidupnya di pulau yang bak neraka tersebut. Hal ini sempat membuat Henri gusar. Hingga suatu hari, dia berencana untuk melarikan diri dari penjara tersebut.

Di penjara, Henri bertemu dengan seorang mantan bankir yang berkepribadian unik, bernama Louis Dega (diperankan oleh Rami Malek). Louis memiliki kepribadian yang tenang, namun begitu mematikan. Kepribadiannya inilah yang menjadi alasan Henri untuk berteman dengan Louis.

Henri dan Louis kemudian bersekutu untuk segera melarikan diri dari penjara tersebut. Apalagi, Henri pernah menyelamatkan Louis yang pernah diserang oleh tahanan lainnya. Dega yang sebelumnya sudah pasrah dengan kehidupannya di penjara, kemudian bahu-membahu bersama Henri untuk lari dari penjara. Louis menjadi penyokong utama untuk pembiayaan Henri dan dirinya dalam pelarian.

Hubungan keduanya pun semakin dekat hingga keduanya menjadi sahabat. Persahabatan ini semakin erat, apalagi dalam upaya keduanya untuk meraih kebebasan.



Kelebihan

Film "Papillon" ini adalah salah satu film yang diangkat dari kisah nyata. Walau begitu, para pemeran dalam film ini mampu tampil baik. Dimana, mereka mampu membawakan karakter penokohan dengan cukup bagus. Anda serasa melihat sosok nyata Henri dan Louis.

Hal lain yang menarik dalam film ini adalah penataan latar tempat dan efek suara yang mengiringi. Dimana, situasi dan kondisi dalam film ini bisa tergambar dengan baik. Hal ini ditunjang pula dengan pengambilan gambar yang cukup ciamik.



Kelemahan

Walaupun kisah dalam film ini diambil dari kisah nyata, sayangnya jalan cerita film ini cenderung datar dan terkesan membosankan. Hal ini terlihat di bagian pertengahan film. Namun, ini dibayar dengan adegan setelah pertengahan film yang mampu menyuguhkan ketegangan dari rencana pelarian.



Rating

Cerita: 6,7 | Penokohan: 7,8 | Visual: 7,5 | Sound Effect: 7 | Penyutradaraan: 7 | Nilai Akhir: 7,2/10



Rekomendasi

Film ini layak untuk ditonton apalagi bagi anda pencinta film misteri. Walaupun jalan cerita yang disajikan cenderung datar, namun ketegangan yang dibangun dalam film ini cukup bagus. Hal ini didukung pula dengan penampilan ciamik para pemeran.

Visual yang ditampilkan dalam film ini cukup bagus. Dimana, situasi dan kondisi dalam film tergambar dengan cukup baik. Hal ini ditunjang pula dengan penataan latar tempat dan efek suara yang ciamik.


EmoticonEmoticon